Author: yadie
•08.05



"Di, hari senin aku ujian mohon doa nya supaya bisa mengerjakan soal-soalnya!"

Begitulah isi sms yang datang dari si Ade (adikku), aku baru sadar bahwa senin mereka sudah menempuh ujian nasional.
Aku jadi teringat pada saat mengikuti UAN beberapa tahun yang lalu, ujian yang cukup membuatku hampir tidak bisa memejamkan mata karena perasaan takut tidak lulus pada UAN yang ku ikuti.
Tapi Alhamdulillah aku bisa melewati ujian tersebut dan lulus dengan hasil yang cukup memuaskan.... ^_^

Ujian yang terkadang menimbulkan kontroversi, karena ujian nasional hanya mengukur kemampuan siswa dari 3 mata pelajaran dan mempertaruhkan 3 tahun pendidikan siswa hanya dalam 3 hari.
Terkadang aku berpikir demikian, begitu tidak adilnya pemerintah mengadakan ujian nasional untuk menentukan kelulusan siswa. Ujian yang setiap tahunnya mengalami kenaikan batas minimum nilai, dengan maksud untuk "menaikkan" kualitas pendidikan di Indonesia. Sebegitu pentingkah nilai untuk pemerintah? padahal melalui ujian nasional sangat berpotensi menimbulkan kecurangan dan masalah baru.

Misalnya, ada seorang siswa yang memang terbukti dari kegiatan sekolah setiap hari memang pintar. Dan ketika ujian, keluarga nya mengalami musibah yang menyebabkan dia tidak berkonsentrasi dalam mengerjakan soal-soal yang dihadapinya. Sementara ada siswa yang memang terkenal badung dan ketika ujian dia dikelilingi oleh orang-orang pintar + dapat bocoran jawaban dari orang yang mengambil keuntungan dari pelaksanaan ujian.
Dan ketika hasil UAN di umumkan siswa yang pintar tersebut tidak lulus pada satu mata pelajaran, sedangkan siswa yang badung lulus dengan hasil yang cukup tinggi.

Dapat kita bayangkan bagaimana perasaan siswa yang tidak lulus !!!
Mungkin menurut pemerintah dilaksanakannya UAN cukup efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Kita sebagai masyarakat hanya bisa mendukung pelaksanaan UAN ini.

Selamat berjuang adik-adik yang besok akan menghadapi UAN, semoga lulus dengan hasil yang memuaskan.
Yakin lah bisa maka kalian akan bisa, dan percaya diri sendiri.
Semoga kelulusan tahun ini lebih tinggi dari tahun kemarin.



|
This entry was posted on 08.05 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: